Kenali Kedokteran Lebih Dekat
Sebagai perguruan tinggi yang unggul dalam bidang teknologi informasi, adanya perubahan teknologi 4.0 di sistem kesehatan saat ini, serta keterbatasan jumlah dokter di Indonesia menjadikan peluang bagi UDINUS untuk segera membuka Program Studi Kedokteran.
Profil Lulusan
Dekan dan Ketua Program Studi menyusun profil lulusan sebagai output pendidikan, sekurang-kurangnya memuat peran yang dapat dilakukan oleh lulusan di dalam masyarakat ketika baru lulus, sesuai dengan kebutuhan masyarakat.
Berdasarkan visi keilmuan program studi yang telah diusulkan, maka diusulkan profil lulusan Fakultas Kedokteran Universitas Dian Nuswantoro adalah sebagai berikut:
CARE PROVIDER
Dalam memberikan pelayanan medis, seorang dokter hendaknya mampu memberikan pelayanan medis yang bermutu, menyeluruh, berkelanjutan, dan manusiawi terhadap pasien
decision maker
Seorang dokter hendaknya mampu menentukan tindakan yang harus diambil, memilih dan menerapkan teknologi kedokteran dan kesehatan secara efektif
communicator
Seorang dokter, dimanapun ia berada dan bertugas, hendaknya mampu mempromosikan gaya hidup sehat; mampu memberikan penjelasan dan edukasi yang efektif; dan mampu memberdayakan individu dan kelompok untuk dapat tetap sehat
community leader
Seorang dokter dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara, hendaknya dapat menempatkan dirinya sebagai teladan dan pemimpin yang baik untuk menumbuhkan kepercayaan masyarakat dalam pelaksanaan program yang sesuai dan dibutuhkan masyarakat
manajer
Seorang dokter hendaknya mampu menjalin kerjasama yang baik dengan teman sejawat, mitrakerja, maupun bidang lain di luar institusi demi kepentingan pasien dan masyarakat luas
Kurikulum
Kurikulum Fakultas Kedokteran Universitas Dian Nuswantoro disusun berdasarkan prinsip competency-based curriculum, dimana capaian kompetensi yang menentukan arah, strategi dalam penyusunan kurikulum. Pendekatan strategi pembelajaran yang digunakan adalah SPICES, yaitu student-centred, problem-based, integrative, community-based, early clinical exposure/elective, dan systematic.
Kurikulum pembelajaran FK UDINUS disusun dalam 2 tahapan pembelajaran, yaitu:
a) Tahapan pembelajaran akademik dan tahap pembelajaran klinis. Prodi kedokteran merupakan tahapan pembelajaran akademik. Tahapan pembelajaran akademik, disusun dalam 8 semester, dengan total SKS 158 SKS. Beban SKS setiap semester 18-20 SKS per semester. Metode pembelajaran yang digunakan adalah diskusi tutorial, kuliah pakar, clinical skill’s lab, praktikum, penugasan, dan field trip.
Struktur kurikulum harus disusun sesuai dengan urutan capaian pembelajaran dan digambarkan secara jelas dan terperinci di dalam peta kompetensi, serta memberikan fleksibilitas keberagaman minat dan bakat melalui mata kuliah pilihan (blok elektif).